Selamat Datang di Blog AGUNG PANJI SASMITO

Selasa, 02 Juni 2009

Optimalisasi Layanan Google di Ponsel

Dari semua layanan situs pencari atau familiar disebut search engine, Google dan Yahoo paling banyak disambangi pengguna internet. Bahkan, perang sudah terjadi di antara kedua 'raksasa' search engine ini. Betapa tidak, meski lahir lebih dahulu, bukan berarti Yahoo bisa berleha-leha menyaksikan gebrakan baru dari Google untuk menarik massa yang lebih besar. Misalnya saja, Gmail untuk menyaingi Ymail atau aplikasi ponsel untuk menyaingi Yahoo!Go.


Lepas dari itu semua, kita sebagai pelanggan lebih cenderung memilih siapa yang lebih menguntungkan bukan?

Lihat saja, Yahoo!Go yang selama ini hanya bisa dinikmati ponsel bersistem operasi atau ponsel berbasis Java. Sudah begitu, penggunaannya pun agak ribet jadi jarang digunakan.


Google memberikan solusi yang lebih baik. Beberapa ponsel Sony Ericsson dan Motorola sudah digandeng untuk memberikan kemudahan ber-Googling dengan link khusus untuk menuju search engine yang 'ramah ponsel' ini. Ramah ponsel dalam artian tidak memberatkan pelanggan dari sisi waktu loading maupun biaya GPRS.


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan ponsel kita untuk menikmati beberapa layanan Google.




Google si 'Ramah Pulsa'


Mungkin bagi beberapa ponsel middle end sudah banyak yang disuntikkan Java padanya. Tak ada salahnya Anda mendownload Opera Mini, karena aplikasi ini mampu melakukan pemampatan ukuran file pada website sehingga dapat menghemat tagihan GPRS Anda. Jika berminat Anda dapat mendownloadnya di mini.opera.com melalui browser web ponsel Anda.


Kembali ke Google, Google telah memikirkan hal tersebut. Untuk itu, Google menyediakan portal khusus untuk perangkat ponsel. Dibandingkan situs web aslinya, situs ponsel Google ini telah mengalami beberapa pemampatan sehingga file yang kita download jauh lebih kecil. Bayangkan apabila kita membuka portal ini dengan Opera Mini, tentu biaya dapat dipangkas sehemat-hematnya.


Untuk itu, silakan akses http://www.google.com/m dari browser ponsel Anda. Pastikan ada huruf m di akhir alamat url yang Anda masukkan. Anda pun dapat menikmati berbagai layanan Google seperti searching file, cek cuaca, dan sebagainya.



Mengakses Email di Gmail via Ponsel


Mungkin jika Anda ingin membuka email dari relasi Anda, Anda memerlukan aplikasi khusus seperti Yahoo!Go atau membuka notebook Anda. Namun jika Anda mempunyai email di gmail.com, cukup kunjungi m.gmail.com dari ponsel Anda. Cukup masukkan username dan password, klik sign in, Anda sudah dapat mengakses email semudah membuka facebook di ponsel Anda.


Mudah bukan? Tanpa perlu aplikasi Anda dapat memanfaatkan ponsel Anda untuk mendapatkan banyak informasi dan akses yang jauh lebih cepat ke dunia Google. Selamat menikmati!

1 komentar:

Jangan lupa memberi komentar pada setiap postingan saya!

TInggalkan Komentar