Selamat Datang di Blog AGUNG PANJI SASMITO

Jumat, 05 Juni 2009

Cokelat Makanan Dewa

Secangkir cokelat hangat dengan aromanya yang harum tentunya menggugah rasa untuk segera diseruput. Hmmm... rasanya nikmat sekali saat rasa manis itu mulai mengalir di dalam mulut. Yummy!


Cokelat tak sekelam warnanya.Cokelat identik dengan nama makanan dan warna. Sebagai makanan, cokelat yang berasal dari buah kakao ini ternyata memiliki khasiat yang tidak sekelam warnanya. Sejak diperkenalkan sebagai olahan minuman oleh bangsa Aztec di benua Amerika, cokelat terus digandrungi oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia.


Dalam kebudayaan suku Maya, Toltec, dan Aztec, kakao atau cokelat sangat penting hingga mereka pun menggunakannya seperti mata uang, upacara ritual, hingga hadiah-hadiah. Konon, cokelat merupakan simbol status penting di masa itu. Bahkan suku Aztek menyebut cokelat sebagai theobroma, yang dalam bahasa Yunani berarti "makanan para dewa"


Cokelat itu nikmat, apapun jenis dan warnanya, rasa cokelat tetap menggoda. Ada dua jenis cokelat, yaitu dark chocolate dan white chocolate. Olahan dari kedua jenis cokelat inilah yang kemudian menghasilkan minuman cokelat dan cokelat batangan dengan beraneka ragam rasa dan isi.


Walaupun cokelat itu nikmat, banyak orang yang beranggapan bahwa cokelat sebagai musuh utama diet. Sebenarnya yang berbahaya adalah tambahan gula yang diberikan berlebih dalam olahan cokelat. Namun jika kakao kita olah dengan tepat maka khasiatnya akan luar biasa bagi tubuh.


Tahukah kamu?




  • Kandungan zat flavonoid dalam cokelat merupakan antioksidan yang berguna menyehatkan jantung dan mencegah kolesterol jahat LDL penyebab serangan jantung.


  • Jenis dark chocolate memiliki kandungan flavonoid lebih tinggi daripada white chocolate.


  • Cokelat dapat membangkitkan perasaan senang dan positif.


  • Cokelat murni memiliki kandungan lemak rendah sehingga tidak membuat gemuk.

1 komentar:

  1. kunjungan perdana, OK deh jangan lupa kunjungan baliknya dan di link juga ya! Insya Alah nanti sy link balik. See you........

    BalasHapus

Jangan lupa memberi komentar pada setiap postingan saya!

TInggalkan Komentar