Selamat Datang di Blog AGUNG PANJI SASMITO

Minggu, 13 Februari 2011

Belajar Web Programming : Langkah Awal

Nah nah nah....


Sebelum memulai ke pelajaran pertama, saya akan sharing pengalaman saya selama saya berada di kelas web. Pada mulanya kita akan diberikan beberapa pertanyaan untuk menguji seberapa besar "bekal" kita mengenai pemrograman web. Mau tahu pertanyaannya?

Pertanyaannya cukup simpel. Apa yang Anda ketahui mengenai internet, www, html, dan http?
Nah lho, walaupun pertanyaannya mudah, tetapi tetap saja saya kebingungan karena memang belum belajar di rumah. Walhasil saya mengarang indah namun untungnya jawabannya menyerempet dengan kebenarannya =D

Adapun internet adalah kumpulan jaringan dari jaringan komputer. Ibarat sebuah fungsi pemetaan, internet menghubungkan antara komputer yang satu dengan lainnya, sehingga komputer tidak hanya bertindak sebagai domain namun juga bisa sekaligus sebagai range dari jaringan tersebut.

Apa yang teman-teman ketahui mengenai www? betul-betul-betul, world wide web, sebuah kumpulan dari halaman web dari seluruh dunia. Mirip server-server dari halaman-halaman web se-dunia dikumpulin dalam satu jalur www. WWW ini sudah disepakati bersama looh, sehingga otomatis memang sebuah halaman web ada www-nya.

Siapa belum kenal html? HTML (HyperText Markup Language) adalah sebuah bahasa markah untuk standar coding bagi sebuah halaman web. Dalam perkembangannya, sekarang sudah dikenal HTML5 yang semakin canggih teman!

HTTP pada intinya adalah sebuah jalur untuk mengakses sebuah halaman web. Dengan kata lain, untuk mengakses sebuah situs kita perlu sebuah protokol (pintu) untuk memasukinya.

Nah, kali ini akan saya share juga mengenai persiapan untuk membuat halaman web. Ada baiknya kita mempunyai beragam web browser untuk memaksimalkan hasil karya web desain kita. Sebagai saran saja, teman-teman bisa menggunakan Firefox 3.6.13 atau Google Chrome yang sudah support HTML 5. Lantas, bagaimana kita tahu browser kita sudah support HTML 5?

Ada sebuah situs web pengecek HTML 5 di peramban kita. Coba memasuki www.html5test.com dan usahakan score browser kita lebih dari 120. Berikut adalah contoh dari hasil pemindaian html5test.

1. Mozilla Firefox 3.6.13

2. Google Chrome'

3. Opera 11

Selain itu, ada baiknya jika kita menggunakan browser firefox kita menambahkan addons HTML VALIDATOR untuk mengetahui halaman web kita error atau sudah baik. Mau validatornya? Silakan request via komentar di bawah ya!

Sampai jumpa di praktikum pertama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa memberi komentar pada setiap postingan saya!

TInggalkan Komentar