Selamat Datang di Blog AGUNG PANJI SASMITO

Selasa, 06 Juli 2010

Beberapa Tips bagi Pengguna HP Modem Smart

Mungkin internet bukan hal yang baru lagi di kehidupan kita, terutama saya dan beberapa rekan saya sebagai mahasiswa TI. Tak mungkin setiap hari saya harus membuang-buang uang dan berjauh-jauh berjalan menuju warnet hanya untuk mengunduh materi kuliah ataupun mengirimkan tugas via surat elektronik. Salah satu alternatif dari hal ini telah diberikan oleh salah satu provider telekomunikasi pendatang baru, Smart Telecom dengan HP modem yang terbilang terjangkau.

Ada beberapa pilihan dari paket modem yang ditawarkan saat ini, Haier C700 dan ZTE C261. Harga yang relatif murah (Rp399ribu+PPN) plus gratis internet 100 hari cukup membuat saya (dan juga rekan-rekan saya) untuk menggunakan layanan Smart tersebut. Alhasil, saya membeli Haier dengan beberapa pertimbangan dan pada saat itu hanya tersedia stok Haier C700 saja.

Pertama kali saya menggunakannya lewat HP yaitu dengan Native Opera Mini bawaan handset, koneksi terbilang mulus, jauh lebih stabil dibandingkan saat saya menggunakan Opera Mini dengan HP GSM saya. Namun saat saya menggunakannya di komputer, sayang sekali koneksinya kurang memuaskan karena hanya mentok 8-10 kBps.

Akhirnya setelah beberapa mencari sumber dan saran dari berbagai narasumber, sekarang koneksi Smart saya bisa tembus 20 kBps (atau bahkan 30 kBps saat jam-jam tertentu). Mau tahu penyebabnya?

Tips Mempercepat Koneksi HP Modem Smart

Tips Pertama :


  1. Silakan mengganti Configuration Setting pada Windows seperti setting pada koneksi Internet pada umumnya yaitu dengan cara edit pada Register dari menu Run setelah itu ketik gpedit.msc (atau jika Anda menggunakan OS Windows 7 ketik saja gpedit.msc pada textbox Search Programs and Files), selanjutnya tekan Enter.

  2. Pada Computer Configuration pilih Administrative Templates lalu pilih Network.

  3. Selanjutnya pilih QoS Packet Scheduler kemudian klik dua kali Limit Reservable Bandwidth

  4. Tahap berikutnya pada menu Setting ubah dari Not Configured ke Enable dan ubah Bandwidth dari 20% ke 0%
Mengapa kita melakukan setting di atas? Langkah tersebut digunakan untuk meniadakan akses bandwidth oleh System Microsoft sehingga seluruh bandwidth diharapkan dapat digunakan untuk akses internet. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pengguna Smart saja, namun bagi pengguna internet apapun koneksinya agar tidak lemot.

Tips Kedua :

Gunakan beberapa aplikasi penunjang seperti Internet Download Manager yang terbukti ampuh meningkatkan performa kecepatan dan kestabilan saat Anda melakukan proses download. Anda juga dapat menggunakan aplikasi CfosSpeed yang fungsinya menyerupai IDM, namun penggunaannya lebih global tidak hanya saat download namun juga saat browsing. Tambahan, jika Anda pengguna Firefox browser, gunakan addons AdBlock Plus yang mampu meningkatkan bandwith dan memaksimalkan kecepatan internet Anda. Silakan cari di Google dengan keyword yang saya cetak tebal di atas.

Tips Memperkuat Sinyal HP Modem Smart

Mungkin di beberapa daerah sinyal Smart masih kurang bagus atau bahkan sangat lemah. Hal ini dikarenakan Smart adalah operator baru di Indonesia yang baru saja memperluas wilayah jangkauannya dengan kiblat 1900 MHz. Beberapa alternatif berikut mungkin dapat menjadi tips bagi Anda.

Tips Pertama :

Anda dapat menggunakan antena penguat sinyal telepon genggam (kalau tidak salah harganya sekitar Rp60-75 ribu). Jika tidak memilikinya dan Anda menginginkan alternatif lain yang lebih terjangkau, masih ada jalan lain. Apakah Anda mempunyai televisi di rumah lengkap dengan antena UHF? Anda dapat menggunakan antena televisi untuk menguatkan sinyal beberapa baris karena prinsip kerja antena UHF dengan antena penguat sinyal telepon genggam sama, menguatkan sinyal digital. Caranya mudah, Anda cukup meletakkan HP di dekat kabel antena dan dapat dipastikan sinyal HP akan naik beberapa baris. Jika Anda memakai booster televisi, hasilnya juga lebih baik.

Tips Kedua :

Anda mempunyai wajan penggorengan atau tutup panci? Gunakanlah benda-benda tersebut dengan cara letakkan HP di atas wajan atau tutup panci yang konon katanya mampu menaikkan sinyal Smart. Mengapa demikian? Kabarnya sinyal Smart akan terkumpul pada bidang cekung tersebut dan akhirnya sinyal akan naik beberapa baris. Jika Anda tidak memiliki wajan atau tutup panci, Anda dapat menggunakan aluminium foil untuk membungkus HP Anda, tentunya prinsip kerja aluminium foil ini sama dengan penggunaan wajan.



Tahukah Anda?


Smart-telecom adalah operator yang disa dibilang baru saja lahir di Indonesia yang mengadopsi jaringan CDMA 1900 MHz. Teknologi ini memang tidak lazim karena kebanyakann operator CDMA di Indonesia berfrekuensi 800 MHz. Teknologi 1900 pernah diadopsi beberapa operator CDMA seperti Telkom Flexi di area Jawa Barat, namun karena dirasa "ketinggalan zaman" operator tersebut sekarang beralih ke 800 MHz. Mengapa Smart memilih 1900 MHz? Sepertinya inilah langkah baru Smart untuk meminimalisir tingkat busy network maupun drop call. Teknologi ini sangat menunjang jaringan internet Smart di mana 1900 terbilang "3G-nya CDMA" yang disokong EVDO.

Paket handset ini tidak dilock untuk Smart saja, namun HP ini hanya support 1900 MHz saja. Selama tidak ada operator lain yang bernaung di 1900 MHz HP ini akan support Smart saja.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi siapapun yang menggunakan Haier C700. (ajungpangi - berbagai sumber)

1 komentar:

Jangan lupa memberi komentar pada setiap postingan saya!

TInggalkan Komentar