Selamat Datang di Blog AGUNG PANJI SASMITO

Selasa, 31 Agustus 2010

Sebuah Resume : Pengantar Teknologi Informasi

Mungkin istilah TI tidak asing lagi di telinga kita. Ada banyak orang yang sekarang memilih TI sebagai haluan hidupnya. Lantas, apakah TI itu? Jujur saja, saya baru memahami, apakah itu TI baru-baru ini seletah mendapatkan mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Arsitektur - Organisasi Komputer. Dulunya saya hanya menyangka TI hanya ilmu komputer dan pemrograman, ternyata saya sekarang sadar betapa menariknya TI untuk dipelajari.


TI atau Teknologi Informasi adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. TI bisa juga diartikan sebagai aplikasi praktis dari sains maupun teknologi dalam industri atau bisnis. Ini menurut pemahaman yang diajarkan dosen saya di kampus. Saya pribadi berpendapat bahwa TI tidak hanya sekedar teknologi dalam penyampaian informasi, namun bagi saya TI adalah sebuah ilmu yang sangat wonderful, dimana kita bisa bereksperimen dengan kreativitas kita dalam penyampaian dan manipulasi informasi.
Adapun ada beberapa hal yang berkaitan dengan TI sebelum kita berbicara mengenai TI lebih lanjut. Pasti kita tidak asing lagi dengan istilah data dan informasi. Apakah Anda bisa membedakannya?
Mungkin bagi orang awam (termasuk saya, maklum saya baru beberapa bulan berlaga di dunia informatika) istilah data dan informasi akan rancuh, atau akan menyamakan artinya. Padahal jika kita telaah lebih lanjut, data dan informasi sangat berbeda walaupun pada intinya kedua istilah tersebut berhubungan.

Data pada dasarnya adalah kumpulan fakta. Semua realita dalam hidup dapat kita sebut sebagai data. Dengan kata lain, data dapat diperlakukan sebagai material mentah dari sebuah informasi yang hendak kita gali dari beberapa fakta. Adapun jenis-jenis data secara umum adalah data teks,gambar, audio (suara), dan video.

Sementara itu, apakah yang kita sebut dengan informasi? Informasi adalah data yang sudah mempunyai makna dan arti di dalam kontesnya setelah kita manipulasi. Data yang kita manipulasi tersebut hendaklah berhubungan satu sama lain sesuai dengan konteksnya.
Sifat informasi secara general adalah


  • Perfect, informasi tersebut bersifat pasti. Misalnya informasi kebenaran umum seperti gula itu manis, cabai itu pedas, dan sebagainya.
  • Imperfect,, yaitu informasi yang bersifat tidak sempurna mengandung unsur ketidakpastian. Misalnya seperti kabar burung atau kondisi yang akan datang.


Lantas bagaimanakah kita membedakan data dan informasi??

Sebuah bagan dapat menjelaskan bagaimana hubungan antara data dengan informasi.



Adapun sumber informasi secara umum adalah sebagai berikut.
- observasi
- kuesioner
- pencatatan kejadian
- permodelan
- media massa
- alat telekomunikasi
- alat elektronik,
dan sebagainya.


Apakah setiap informasi itu layak digunakan??

Tidak, sebagai orang yang bijak tentunya kita harus pandai memilah informasi mana yang baik dan buruk. adapun kriteria informasi yang baik dan layak kita konsumsi adalah
1. Tepat waktu
2. Akurat
3. Mudah diakses
4. Menghilangkan keraguan
5. Berkesinambungan
6. Berdasarkan fakta


Evolusi Abad Informasi, apakah itu??

Evolusi abad informasi adalah klasifikasi dari perkambangan informasi mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling modern. Abad informasi dibagi menjadi tiga klasifikasi waktu.
1. ABAD PERTANIAN (Sebelum 1957), dimana pada masa manusia masih dominan bercocok taman informasi masih bergantung kepada kekuatan tangan manusia.
2. ABAD INDUSTRI (1800-1957), manusia sudah banyak yang bekerja di pabrik (akibat dari revolusi Inggris dimana informasi sudah mengandalkan mesin walaupun masih harus dikendalikan oleh tangan manusia.
3. ABAD INFORMASI (1957-Sekarang), informasi sudah jauh lebih mudah dan praktis.


Saya pernah mendengar "Masyarakat Informasi".
Naah, apakah itu??

Masyarakat informasi adalah sebuah komunitas masyarakat di mana mayoritas penduduknya bekerja di bidang penanganan informasi dibandingkan bertani maupun industri.


Kembali ke TI...

Tujuan dari teknologi informasi adalah memecahkan masalah dan membuka kreativitas, efektivitas, dan efisiensi dalam penyampaian informasi, sehingga fungsi-fungsi dasar dari TI dapat berjalan dengan baik.


Jadi kesimpulannya, mengapa harus TI dan mengapa TI diperlukan?

TI mutlak diperlukan dalam hidup karena TI mampu menyederhanakan kompleksitas manajemen dan perlunya respon yang cepat dalam setiap perubahan informasi. Selain itu, TI sangat berpengaruh terhadap sekaligus bergantung kepada perkembangan globalisasi yang tak ayal lagi menambah peningkatan persaingan bisnis dewasa ini.


Jadi, apakah Anda tertarik mempelajari TI?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa memberi komentar pada setiap postingan saya!

TInggalkan Komentar